Rabu, 26 November 2008

Camilan Untuk Para Calon Pekerja Iklan


Untuk temen-temen Airbrand yang masih terhitung baru dengan istilah-istilah dalam dunia iklan, saya menuliskan beberapa defenisi singkat dalam dunia pekerja iklan yang bisa temen-temen baca.

Creative Director adalah pengarah kreatif sebuah iklan. Manusia yang menjadi Creative Director bertugas mendapatkan/mengeksplorasi/mengarahkan/ ide kreatif sebuah iklan yang akan dibuat bersama Art Director dan Copywriter.

Art Director adalah orang yang bertanggungjawab terhadap desain/pesan visual dari sebuah iklan. Untuk menjadi Art Director skill desain baik manual maupun digital, rasa seni yang tinggi, menjadi syarat mutlak sehingga bisa menghasilkan karya visual iklan yang istimewa.

Copywriter bertanggungjawab terhadap pesan text/slogan/kata-kata/narasi/dialog dalam sebuah iklan untuk melengkapi visual/gambar/desain yang telah dibuat oleh Art Director. Untuk menjadi seorang Copywriter yang handal dibutuhkan keahlian dasar menulis dan seni mengolah kata yang baik. Copywriter haruslah cinta dengan dunia tulis menulis dan peka terhadap keadaan waktu saat ia menuliskan naskah iklan agar sesuai dan menyentuh target audiens. Oh ya da satu hal yg juga sangat penting, yaitu penguasaan bahasa asing khususnya bahasa Inggris adalah hal wajib dan gak bisa ditawar.

Account Services adalah manusia yang hidup di “dua alam” industri periklanan, orang-orang hebat yang bekerja dalam departemen Account Services bertanggung jawab terhadap dua hal yaitu iklan dan bisnis klien. Bagian ini bertanggungjawab terhadap hubungan klien dengan agency iklan. Dikatakan dua alam karena jika berada di agency mereka mewakili kebutuhan klien sedangkan jika berada di tempat klien mereka menjadi wakil agency.

Nah sekarang agency itu pa sehh mas? Lah ini pertanyaan yang juga lucu kalo gak dijawab dari sekarang. Agency/biro iklan memiliki arti yang sama. Wes ngono wae nanti sambung lagi.

Bagi yang “masih lapar” akan istilah dalam dunia pekerja iklan ,Anda bisa mencari literatur lain di internet dan juga di buku-buku periklanan. Oh ya untuk memupuk semangat temen-temen terjun ke dunia iklan, saya menyarankan temen-temen membaca sebuah buku berjudul “jualan ide segar “ karya Arief Budiman (Bosnya Petakumpet Jogja). Buku ini bisa membakar semua semangat dan bisa menyebabkan keringatan, lah maksdunya? Buku ini sangat inspiratif dan bisa membuat orang gregetan semangat bergerak dan bertindak. Kok jadi jualan buku mas Arief ? Halah.Monggo dibaca aja, masih banyak di toko buku Togamas, kalo yang mau minjam saya juga punya,minjem?dasar mau maju gak modal,he he he..

Rizal Kasim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar